Anthurium adalah tanaman hias tropis yang memiliki daya tarik tinggi sebagai penghias ruangan. Bentuk daunnya unik dan bervariasi. Bunganya indah dan menjadi daya tarik utama.

Daun Anthurium sering diidentikkan  sebagai daun kuping gajah, karena memiliki warna umum hijau tua dengan urat dan tulang daun besar. Tulang daun menjadikan tanaman terlihat kekar dan kokoh. Anthurium dengan daun indah banyak ditemui di Indonesia.
Anthurium dapat diperbanyak dengan cara menyebar biji atau stek. Cara perbanyakan dengan biji tergolong unik. Ini bisa dilakukan secara “manusiawi” (dilakukan oleh manusia). Caranya: menggunakan jentik, bunga sari diambil, dan dioleskan sampai rata di bagian lendir pada bunga betina. Dua bulan kemudian, bunga yang dihasilkan masak. Di dalamnya terdapat banyak biji anthurium. Biji-biji tersebut kemudian dikupas, dicuci sampai bersih, dan diangin-anginkan, kemudian ditabur  pada medium tanah halus. Persemaian ditempatkan pada kondisi lembap dan selalu disiram
Anthurium termasuk tanaman dari keluarga Araceae. Tanaman berdaun indah ini masih berkerabat dengan sejumlah tanaman hias populer semacam Aglaonema, Philodendron, Keladi Hias, dan Alokasia.
Dalam keluarga Araceae, Anthurium adalah genus dengan jumlah jenis terbanyak. Diperkirakan ada sekitar 1000 jenis anggota marga Anthurium.
Di Indonesia sendiri terdapat tujuh  jenis Anthurium, yaitu: Anthurium cyrstalinum (Kuping Gajah), Anthurium pedatoradiatum (Wali Songo), Anthurium andreanum, Anthurium rafidooa, Anthurium hibridum (Lidah Gajah), Anthurium makrolobum, dan Anthurium scherzerianum.
Anthurium pada foto adalah jenis Anthurium Andreanum atau yang sering disebut Flamingo Flower.
Foto : Fransiska Ken, sumber: ideaonline
Incoming search terms:, ciri-ciri anthurium, andraeanum anthurium ciri cirinya, ciri ciri anthurium andraenum, ciri ciri bunga anthurium andraeanum, ciri-ciri bunga anthurium andreanum, penjual anthurium flamingo flower di jakarta, penjual pohon adreanum, tanaman Anthurium Andraeanum mini