Cara Membuat Kolam Ditaman

Taman Kolam

Taman Kolam

Desain taman dengan sebuah kolam di dalamnya bisa menambah sejuk suasana sekitarnya. Menurut ilmu feng-shui, elemen air yang berkarakter tenang dan dingin, bisa memberi keseimbangan bagi elemen lainnya. Bunyi gemericik kecipak air yang ada di tengah kolam bisa memberikan ketenangan dan menambah suasana teduh dan segar di rumah. Pada saat udara panas, uap air dari kolam bisa mendinginkan udara di sekitar taman. Mari membuat kolam ikan ditaman kita.

Tidak perlu mempunyai taman yang luas supaya dapat menempatkan kolam ikan didalamnya. Seberapapun luas taman anda, bisa dibuat sebuah kolam ikan sebagai elemen penunjang keindahan. Penting itu diperhatikan adalah harus disesuaikan dengan tujuan pembuatan kolam. Misalnya, bila ditujukan sebagai kolam ikan koi maka ukurannya harus sedikit lebih besar.
Selain itu kedalaman kolam merupakan hal yang penting, setidaknya mampu memberi ruang bagi ikan untuk menyelam ke dalam suhu air di permukaan panas terkena sinar matahari. Hal ini juga menjadi salah satu cara untuk menyelamatkan ikan-ikan hias anda dari jangkauan binatang seperti kucing, bila kedalaman kolam terlalu dangkal.
Tentunya dibutuhkan perencanaan yang matang untuk mendapatkan kolam yang sesuai dengan keinginan. Berikut ini beberapa hal sederhana yang bias anda ikuti untuk membuat kolam ditaman anda.
LOKASI Rencanakan lokasi kolam sedekat mungkin dengan tempat atau saluran pembuangan airnya. Buat lubang saluran di dasar kolam dengan posisi saluran lebih rendah dari air kolam. Hal ini mengingat prinsip air akan selalu jatuh ke tempat yang lebih rendah sehingga memudahkan perawatan. Satu hal yang harus diperhatikan adalah tidak meletakkan kolam terlalu dekat dengan pohon yang daunnya dapat berjatuhan di dalam kolam, karena akan cepat membuat kolam kotor. Tetapi sebaiknya juga tidak terkena langsung sinar matahari. Cukup selama 4-6 jam sehari. Caranya dengan menanami pohon perdu disekitar kolam.
DESAIN Desain kolam yang direncanakan secara matang akan jauh lebih baik hasilnya daripada jika membuat kolam ala kadarnya. Ada beberapa aspek penting yang bias membuat kolam tampil manis antara lain :
  • Batu Alam. Jadikan batu alam sebagai aksen natural pada kolam taman. Banyak ragam batu alam yang bisa jadi pilihan, antara lain batu kali, batu paras, batu palimanan, atau koral sikat. Setiap batu memiliki karakter. Sesuaikan batu dengan desain gaya kolam yang diinginkan. Batu kali hitam yang berkarakter kuat memberi kesan adem, bisa diaplikasikan pada kolam bergaya modern tropis hingga minimalis. Batu paras dengan warna krem cerah paling sering digunakan untuk kolam bergaya Bali atau Mediterania
  • Pancuran. Tak lengkap kolam tanpa gemericik suara air. Buatlah pancuran atau air mancur di tengah atau tepi kolam. Air mancur menjadi aksen yang membuat kolam makin terlihat segar. Pastikan sirkulasi air lancar sehingga air mengalir tanpa hambatan.
  • Ikan. Anda bisa memelihara ikan hias di dalam kolam. Kecipak ikan yang berenang membuat kolam lebih hidup. Tapi Anda harus lebih rajin melakukan pemeliharaan. Anda juga harus membuat pompa untuk memperlancar sirkulasi oksigen dalam air yang diperlukan ikan.
  • Tanaman Air. Letakkan tanaman air di dalam atau di tepi kolam. Tanaman air banyak ragamnya, antara lain lotus, heliconia air, melati air, dan lain-lain. Pastikan tanaman mendapat cukup cahaya matahari agar bisa berbunga.
  • Ornamen. Hias kolam dengan pernik-pernik unik, misalnya patung-patung hewan, gentong tanah liat, dan sebagainya. Tak perlu patung yang besar, patung-patung kecil dengan desain unik akan menjadikan taman lebih menarik. Bila kolam cukup besar, Anda bisa membuat ornamen jembatan di tengahnya.
PERAWATAN Bersihkan taman, kolam dan sekitar kolam secara berkala agar terjaga keindahannya. Rawat filter air kolam secara rutin agar tetap berfungsi dengan baik. Sebaiknya mengganti filter air kolam dilakukan 2 bulan sekali. Agar air kolam tidak cepat keruh, gunakan batu zeloit yang biasa digunakan untuk kolam renang. Selain sebagai penghias, batu zeloit juga dapat menarik partikel kotoran di dalam air.
Artikel Terkait :