Hubungi Kami

Telp: 0819 0608 4999

PIN BB: 7D585A8D
TESTIMONI
Taman saya terlihat rapih dan indah. Saya PUAS dengan kerja tamanku.com

Ibu Emi, Gading Serpong Tangerang

Responnya cepat setelah saya telpon, langsung disurvey tempat, harganya terjangkau dibandingkan beberapa taman yang lain. pengerjaan juga cepat & rapih. SUKSES tamanku.com

Ibu Like, Pondok Indah, Jakarta

"Cepat, murah dan hasilnya memuaskan, saya merasa puas dengan kinerja dari tamanku.com"

Rudi, Jakarta Barat

Pokonya kantor saya tidak akan kemana-mana lagi, kalau mau membuat taman ya langsung hubungi tamanku.com, abis responnya cepat dan harga terjangkau sih.

Bapak Ali, Mampang

Bagus, respon cepat. Itu kesan yang saya rasakan dari tamanku.com..Terima kasih taman-nya y....tamanku.com, Good luck!!

Bapak Tony, Bumi Serpong Damai
Statistik Pengunjung

KEBERADAAN kolam di rumah dapat memberikan kesejukan dan ketenangan bagi penghuninya. Apalagi, jika kolam tersebut diisi dengan ikan-ikan yang indah seperti ikan koi.

Kolam indah yang menyejukkan. (Foto: Getty Images)

Dalam konsep rumah minimalis, menata taman tidak hanya melulu soal tanaman. Anda bisa berkreasi dengan elemen lain, seperti air. Bahkan, Anda bisa menambahkan kolam di taman depan rumah.

Menghadirkan kolam ikan di perkarangan menjadi salah satu cara jitu untuk memunculkan hawa sejuk di sekitar hunian. Tidak perlu dana besar untuk membuat kolam ikan. Gemericik air akan membuat suasana rumah dan pekarangan yang gersang menjadi lebih sejuk dan dingin.

Apalagi jika kolam itu berisi ikan cantik beraneka warna, tentunya kepenatan Anda sehabis seharian bekerja akan hilang seketika. Air memang dipercaya membawa unsur kedamaian dan ketenangan. Air juga bisa menjadi terapi pikiran dan jiwa.

Dengan berkembangnya desain lanskap saat ini, tidaklah sulit bagi Anda untuk membuat kolam ikan sendiri, cukup dengan desain simpel, tentunya kolam ikan yang indah pun akan tercipta.

“Untuk membuat kolam ikan, sebenarnya tidak diperlukan lahan yang luas. Dengan lahan 1×15 meter persegi, lalu kedalaman kolam sebaiknya dibuat sekitar 50 sentimeter dan tinggi permukaan air sekitar 35 sentimeter,” kata Budi Setiawan, desainer lanskap.

Kolam untuk taman sebaiknya dibuat vertikal dengan sisi dinding dibuat bervariasi sesuai selera sang empunya rumah. Desain dinding bermodel jeram atau dengan hiasan batu alam seperti koral bisa menambah hidup kolam ikan di taman Anda.

“Namun, bagi kolam yang berukuran lebih dari 3×4 meter persegi, dasar kolam harus diberi konstruksi beton agar bisa menahan tekanan tektonik dari dalam tanah, kalau tidak di dasar, tanah bisa retak dan jebol,” sebut Budi.

Sama halnya dengan bagian rumah lainnya, kolam ikan juga memerlukan perawatan yang baik dan rutin. Saat merencanakan membuat kolam ikan, perhatikan dulu fungsinya, apakah akan dihiasi ikan atau untuk sekadar pelengkap.

“Jika akan diisi ikan, jenis ikan harus disesuaikan dengan kolam yang dibuat. Apabila ingin memelihara ikan koi, kedalaman minimal harus satu meter,” tutur Budi.

Dia menambahkan, kedalaman kolam ini bertujuan mendapatkan mutu ikan koi yang baik sehingga koi dapat tumbuh dengan cepat. Namun, kalau kedalaman kolam dibuat hanya setengah meter, maka bisa diisi ikan koi dengan ukuran kecil. Selain isi dan model kolam, hal yang tak kalah penting adalah menjaga suplai air.

Jika Anda menghias kolam bukan untuk menaruh ikan hias,mungkin kolam bisa bertahan lebih lama. Namun, jika kolam untuk ikan hias, maka mutlak filternya harus bersih. Begitu juga dengan pembuangan kotorannya. Selanjutnya, perhatikan juga masalah pembuangan kotoran.

Sistem saringan air menjadi sangat penting untuk menjaga air di dalam kolam tetap bersih. Jangan lupa, setiap minggu kolam harus tetap dibersihkan dari lumut dan sebulan sekali dikuras airnya. Selain fungsi kolam untuk menampilkan kesejukan, kolam juga bisa kita tambahkan aksesori di sekitar kolam ikan agar terlihat tetap indah.

Hiasan seperti lampu taman, air mancur, dan patung untuk melengkapi desain lanskap atau bentuk gentong sebagai hiasan di tengah kolam, selain mempercantik tampilan kolam, juga menjadi penanda bangunan. Selain aksesori dengan elemen keras, Anda juga bisa menggunakan tanaman rambat agar kolam tidak terlihat kaku melainkan lebih asri.

Tanaman rambat bisa dibiarkan tumbuh natural asalkan tidak liar atau tumbuh di tempat yang tidak kita kehendaki. Hal lain yang bisa dijadikan pilihan adalah menggunakan batu sebagai material kolam yang akan menghadirkan kesan natural.

“Jenis batu candi dan batu sejenisnya mampu menjadi pengganti tembok dan cat beton. Batu alam menjadi aksen penting untuk menciptakan kesan natural dalam kolam,” papar Budi.

Bukan hanya dari segi aksesori, jenis ikan hias yang biasa dimasukkan,yakni ikan koi, koki, atau ikan mas. Anda bisa juga memilih ikan severum, yaitu sejenis ikan hias air tawar yang berasal dari Amerika Serikat. Tubuh ikan ini pendek, gemuk, dan gepeng dengan warna dasar yang bervariasi,seperti cokelat kekuningan atau hitam kecokelatan.

Suasana kolam di taman rumah yang nyaman ini, tentunya tidak hanya menarik bagi tamu yang datang, juga membuat Anda betah berlama-lama di teras depan rumah Anda sendiri. Dan, letakkanlah sepasang kursi rotan dengan gaya minimalis.

(SINDO//nsa)

Incoming search terms:, yhs-fh_lsonsw, cara membuat kolam ikan hias minimalis, cara membuat kolam ikan, desain kolam koi dalam rumah, kolam ikan indah

Leave a Reply