Petunia adalah tanaman yang berasal dari Amerika Selatan dan telah dibudidayakan secara luas terutama sebagai tanaman hias. Ia merupakan genus tumbuhan berbunga yang termasuk dalam keluarga Solaneceae.

Bentuk bunga Petunia mirip bunga terompet dengan daun yang berbulu.. Bunganya ada yang bermahkota tunggal dan ada yang bermahkota ganda. Warnanya bervariasi mulai dari merah (Petunia Exserta), putih (Petunia Axilaris), ungu tua (Petunia Integrifolia) atau perpaduan berbagai warna. Beberapa bunga memiliki tepian yang bergelombang seperti renda.
Di negara dengan empat musim, Petunia biasanya berbunga ketika memasuki musim panas. Penyerbukan bunga ini ada yang dilakukan oleh serangga dan ada yang dilakukan oleh burung. Tanaman ini sangat menyukai sinar matahari dan tampak cantik apabila tumbuh bergerombol. Biasanya diletakan di dalam pot atau di gantung di balkon.
Meskipun tanaman ini sangat menyukai matahari, namun sebaiknya tanaman diletakan pada tempat yang terlindung hujan. Media tanamnya dapat berupa tanah atau arang sekam. Perawatannya sangat mudah, apabila terlihat tanaman masih lembap, maka tidak perlu dilakukan penyiraman.
Beberapa jenis Petunia yang terkenal diantaranya adalah:
  1. Grandiflora Petunia, merupakan varietas tertua, bunganya bergelombang besar   dan sangat tidak tahan terhadap air hujan.
  2. Multiflora Petunia, sangat cocok ditanam dalam pot karena bunganya yang lebih kecil tumbuh bergerombol serta memiliki berbagai macam warna.
  3. Supertunia Petunia, jenis ini lebih toleran terhadap cuaca. Perbanyakannya melalui stek.
  4. Cascadia dan Surfinia Petunia, biasanya diletakan dengan cara menggantungnya. Bunganya bergradasi dan mudah perawatannya serta produktif berbunga.
Foto : Fransiska Ken, sumber:  ideaonline
Incoming search terms:, cara menanam bunga petunia, cara merawat bunga petunia, budidaya petunia, cara menanam petunia, bunga petunia, cara merawat petunia, tanaman hias petunia, merawat petunia, tanaman petunia, harga bunga petunia