TESTIMONI
Taman saya terlihat rapih dan indah. Saya PUAS dengan kerja tamanku.com

Ibu Emi, Gading Serpong Tangerang

Responnya cepat setelah saya telpon, langsung disurvey tempat, harganya terjangkau dibandingkan beberapa taman yang lain. pengerjaan juga cepat & rapih. SUKSES tamanku.com

Ibu Like, Pondok Indah, Jakarta

"Cepat, murah dan hasilnya memuaskan, saya merasa puas dengan kinerja dari tamanku.com"

Rudi, Jakarta Barat

Pokonya kantor saya tidak akan kemana-mana lagi, kalau mau membuat taman ya langsung hubungi tamanku.com, abis responnya cepat dan harga terjangkau sih.

Bapak Ali, Mampang

Bagus, respon cepat. Itu kesan yang saya rasakan dari tamanku.com..Terima kasih taman-nya y....tamanku.com, Good luck!!

Bapak Tony, Bumi Serpong Damai
Statistik Pengunjung

Taman Gaya Bali

Taman Gaya Bali

Setiap orang tentunya punya keinginan memiliki taman di huniannya. Apalagi kehadiran taman di rumah bukan hanya berfungsi sebagai penambah estetika semata melainkan juga pencerminan dari karakter pemiliknya. Apalagi saat ini, model perumahan di tengah kota diwarnai dengan gaya minimalis modern. Semua itu terjadi karena sempitnya lahan di daerah perkotaan. Tentu saja, keadaan ini membuat halaman rumah jauh lebih sempit bila dibandingkan dengan dulu. Sehingga model rumah pun mengikuti kondisi tanahnya.

Jika sebelumnya, dengan halaman yang memadai taman bergaya Jepang dan Eropa merajai model taman pada halaman rumah. Kini, dengan areal yang terbatas eranya taman berkonsep minimalis.
“ Tren taman minimalis sudah ada sejak tahun 2003-2004,”ungkap Husni Thamrin, pemilik dari toko bunga Agrotama Sumatera yang belokasi di Jalan H Adam Malik No 92 Medan.

Pria berdarah Mandailing itu menjabarkan, ada dua tampilan taman minimalis berdasarkan lokasi penempatannya. Untuk taman minimalis outdoor, modelnya cenderung banyak rumput. Disebabkan penyusunan tanamannya yang merapat ke dinding sehingga hamparan rumput lebih terlihat dan menimbulkan kesan luas.

Taman ini kebanyakan menggunakan tumbuhan vertikal. Misalnya lidah mertua dan kamboja Bali. Kedua tanaman itu berguna untuk menyiasati halaman yang sempit. Sebagai aksesoris pelengkap, lanjut Husni, ditempatkan juga kolam mini berbentuk kendi kolam mancur dan dinding.

Sedangkan untuk taman minimalis indoor menggunakan kolam dinding yang berbentuk garis dan jatuhnya air merembes pada dinding. Kemudian, penyusunan bunga kebanyakan memakai tanaman daun seperti aglaonema dan anthurium.

” Atau termasuk ke dalam jenis daun lebar,”sebut generasi ke-2 dalam mengelola usaha tersebut. Husni menambahkan, jika si pemilik rumah ingin mengombinasikannya dengan tanaman berbunga juga bisa asalkan termasuk dalam golongan anthurium. Misalnya tanaman kuping gajah. Sebaliknya, tanaman berbunga tidak bisa hidup pada area indoor karena membutuhkan sinar matahari banyak. “Kalau ditaman indoor susunan tetep vertikal sehingga tidak membutuhkan ruang banyak,”imbuhnya kembali.

Husni menerangkan, taman minimalis indoor kebanyakan ditempatkan diseputaran kolam, ruang makan, dan keluarga agar memberikan kesan natural. Secantik apapun tanaman batu kalau tanpa tanaman alami akan terlihat kaku. Sedangkan taman outdoor lebih sesuai untuk area samping rumah.

Pria yang mengelola usaha turun temurun dari orang tuanya dan telah berdiri sejak 1958 itu mengatakan, selain taman minimalis, taman berkonsep Bali juga banyak diminati saat ini.

Karena ada kecendrungan penduduk perkotaan dengan aktivitasnya yang tinggi membutuhkan rumah nyaman. Oleh sebab itu mereka juga membuat rumah bergaya resort. Nah, rumah bergaya resort sangat sesuai menggunakan taman bergaya Bali. “Taman khas Bali membutuhkan halaman dengan luas minimal 100 meter karena ukurannya besar,”terang Husni.

Taman Bali menggunakan jenis rumput gajah mini dan tanaman besar. Contohnya, tanaman kelapa, palem, dan pisang Bali.

Untuk susunannya sendiri, berkonsep rimbun tapi tertata rapi. Husni mengingatkan, untuk penyusunan taman bergaya Pulau Dewata itu maka si pemilik rumah harus jeli memilih gradasi tanamannya. Sebaiknya, tanaman yang tinggi diletakkan pada bagian belakang dan rendah di depan. Taman Bali cenderung merimbun atau memayungi. Jika ingin dikombinasi sebaiknya dengan bunga yang bersifat tumbuh alami. Agar tetap terkesan luas, ditempatkan merapat ke dinding. Untuk aksesorisnya, biasanya diletakkan batu alam, patung, dan pendopo bergaya Bali.

Husni menyebutkan, ornamen pelengkap misalnya lampu taman. Baik untuk taman minimalis maupun sekarang banyakmenggunakan model rumah. Dengan pemasangan Steping stune di taman minimalis berbentuk persegi dengan motif garis dan taman Bali tidak beraturan.

Model kolam taman khas Bali, kebanyakan berbentuk A- simetris dengan ukuran kolam disesuaikan dengan luas halaman agar berkesan lebih alami. “Tidak menutup kemungkinan dapat juga menempatkan kolam minimalis di taman ini,”terang Husni.

Dari segi perawatan, lebih sedikit karena tanamannya tidak banyak membutuhkan pemangkasan agar tumbuhnya alami. Untuk Penempatannya diletakkan pada area outdoor.

Selain itu, teknik merawatnya ialah bunga yang memerlukan pancaran sinar matahari banyak diletakkan di depan. Misalnya sejenis tanaman berbunga dan berdaun terang. Sebaliknya tumbuhan yang tidak banyak membutuhkan sinar matahari ditempatkan di belakang seperti tanaman keladi dan palem.

Husni menyebutkan, lama pembuatan taman Bali memakan waktu selama 1 minggu, taman minimalis outdoor 2 minggu, dan taman minimalis indoor lebih lama sampai 1 bulan.
(wiwik handayani)

Artikel Terkait

Leave a Reply